Mampir yuuuuuu di Blognya Uhe Azza (RUKHANAH)

Sabtu, 17 Desember 2011

SAINS TERAPAN


A.  BOM GELEMBUNG UDARA
 Latar Belakang
Akhir-akhir ini di televisi sering terdengar berita tentang ledakan bom. Nah, kita juga bisa loh membuat bom dari bahan sederhana yang bisa kita dapatkan di rumah.
Wah.. kalian tidak usah takut, ini bukan bom beneran loh… dan gak berbahaya kok…
Yuks kita coba membuatnya. Lebih asyik lagi kalo membuatnya bersama-sama dengan teman-teman. Pasti seru deeh!!!!
Kajian Teori

Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi zat baru maupun tidak. Tujuan dalam praktikum kali ini u/ membuktikan “khususnya perubahan kimia” yang terjadi dari percampuran dua zat yaitu zat padat dan zat cair. Ketika dicampur akan menghasilkan zat yang baru dan berbeda dari kedua zat yang dicampurkan yaitu zat gas atau udara.Dalam praktikum  kali ini yang kita hasilkan adalah gas karbondioksida (CO2).

 Alat dan Bahan
  •   Kertas
  • Air
  •  Plastik dengan penutup rapat kayak plastik obat 
  • Baking soda
  • Cuka

Langkah Kerja
  1. Sobek kertas berbentuk persegi ukuran 10 cm x 10 cm 
  2. Masukkan 1 sendok baking soda kemudian lipat berbentuk persegi. dan masukkan kedalam wadah plastik
  3. Masukkan 1/2 gelas kecil cuka dan 1/4 gelas kecil air. 
  4. Setelah itu, masukkan kertas berisi baking soda tadi ke dalam wadah plastik lalu tutup rapat secepatnya. 
  5. Kocok plastik sebentar kemudian menghindar dan tiaraaaapp!!! (Hehehehhe…)
Hasilnya, Dooorrrrr,,,!!!!! Bom  plastik tadi akan meledak seperti bom…!!!




MEMASUKAN TELUR KE DALAM BOTOL


Latar Belakang

Telur merupakan benda bulat yang mengandung banyak protein. tidak hanya itu telur juga dapat dijadikan sebagai bahan percobaan yang unik dan menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa.
Telur masuk kedalam botol, aneh bukan? Percobaan itulah yang bisa dilakukan dengan telur. Tentu kita tidak pernah berpikir untuk memasukan telur yang sudah direbus dan dikelupas kulitnya kedalam botol yang mulutnya lebih kecil dibanding ukuran telur. Karena jika dimasukan dengan cara di dorong tentu saja telur tersebut akan hancur. Oleh sebab itu untuk memasukannya diperlukan tekanan udara.

Dasar Teori
Tekanan udara merupakan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu.
Sebagaimana yang telah diketahui bahwa jumlah mol zat yang bereaksi sebanding dengan tekanannya (pV = nRT), maka pada saat kertas yang dimasukkan kedalam botol berhenti menyala, jumlah mol oksigen dalam botol berkurang, sehingga tekanan dalam botol pun akan turun.
Hal ini menyebabkan tekanan udara dalam botol akan lebih rendah daripada tekanan udara luar. Akibatnya telur akan mendapat tekanan dari luar sehingga perlahan-lahan telur akan terlihat seolah-olah terhisap ke dalam botol sampai masuk seluruhnya ke dalam botol.

  Alat dan Bahan 
  • Telur rebus 
  • Botol 
  • Kertas 
  • Korek api
 Cara Kerja

1.   Siapkan botol yang akan  digunakan
2.  Bakar selembar kertas, kemudian segera masukan ke dalam botol
3.  Letakan telur yang telah direbus dan telah dikupas di atas mulut botol
4.  Tekan sedikit telur agar telur sesak pada mulut botol. Tujuannya tidak ada udara yang kelur maupun masuk ke dalam botol. 
5. Tunggu beberapa saat. Secara perlahan telur akan masuk ke dalam botol.

        Hasilnyaaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,,,,,, 

Horrrrrrrrrrrrreeeeeeeeeeeeeeyyyyyyy TELUR akhirnya mau masuk ke dalam Botol dh,,,!!!!!!!!!!!!!! hehehhehehe

SELAMAT MENCOBANYAAAAAAAA,,,,








HIDROMETER SEDERHANA

Latar Belakang
Hidrometer merupakan sebuah alat ukur besaran turunan yang menjadi salah satu aplikasi dari Hukum Archimedes yang digunakan untuk menngukur massa jenis zat cair.
Sebuah benda dalam fluida ( zat cair atau gas ) mengalami gaya dari semua arah yang dikerjakan oleh fluida di sekitarnya. Hukum Arhimedes menyatakan bahwa sebuah benda yang dicelupkan ke dalam zat air akan mendapat gaya ke atas seberat zat ciar yang dipindahkan oleh benda itu.
Prinsip kerja Hidrometer menggunakan Hukum Archimedes. Nilai massa jenis suatu zat cair dapat diketahui dnegan membaca skala pada Hidrometer yang ditempatkan mmnegapung pada zat cair.

Kajian Teori
Hidrometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis suatu zat cair. Nilai massa jenis suatu zat cai dapat diketahui dengan membaca skala pada hidrometer yang ditempatkan mengapung pada zat cair. Hidrometer terbuat dari tabung kaca. Agar tabung kaca terapung tegak di dalam zat cair, bagian bawah tabung dibebani dengan butiran timbale. Diameter bagian bawah tabung kaca dibuat lebih besar supaya volume zat cair yang dipindahkan hydrometer lebih besar. Dengan demikian, dihasilkan gaya ke atas yang lebih besar dan hidrometer dapat mengapung di dalam zat cair. Tangkai tabung kaca didesain supaya perubahan kecil dalam berat benda yang dipindahkan (sama artinya dengan perubahan kecil dalam massa jenis zat cair) menghasilkan perbahan besar pada kedalaman tangkai yang tercelup di dalam zat cair. Ini berarti perbedaan bacaan pada skala untuk berbagai jenis zat cair menjadi lebih jelas.
            Dalam percobaan kali ini, kita akan membuat hydrometer sederhana yang mudah kita buat dengan bahan yang cukup sederhana. Tabung hydrometer dapat kita ganti dengan menggunakan sedotan, dan beban di ganti dengan malama atau lilin. Dan cairan yang digunakan dapat air garam atau minyak.

          Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam perobaan ini yaitu:
1.     Sedotan panjang
2.    Tanah liat (malam)
3.    Pasir secukupnya
4.    Spidol
5.    Air secukupnya
6.    Garam secukupnya
7.    Bejana atau wadah
         Langkah Kerja
1.     Tandai dengan spidol pada sedotan kira-kira 2/3 bagiannya atau sekitar 15-20 cm dari ujung bawah sedotan.
2.    Pada bagian ujung bawah masukkan tanah liat untuk menutup sedotan tersebut.
3.    Celupkan hidrometer ke dalam air kemudian tambahkan pasir sedikit demi sedikit hingga tanda pada sedotan tadi sejajar dengan permukaan air.
4.    Setelah itu coba tambahkan garam pada air atau panaskan air, kemudian lihat apa yang akan terjadi pada posisi hidrometer semula.



2 komentar:

Posting Komentar